dpiniko476

Just another WordPress.com site

peralatan penjaga pantai

2.6  Peralatan-peralatan yang digunakan oleh penjaga pantai 

 

     2.6.1  Stifneck kerah  :

Adalah sebuah perangkat penanganan pasien yang digunakan terutama dalam perawatan trauma pra-rumah sakit yang dirancang untuk memberikan dukungan kaku selama pergerakan pasien dengan tulang leher yang dicurigai cidera. Peralatan ini paling sering digunakan oleh layanan ambulans, oleh staf seperti teknisi darurat medis dan paramedis, tetapi juga dapat digunakan oleh personel darurat khusus seperti penjaga pantai. Papan tulang belakang ini terutama diindikasikan untuk digunakan dalam kasus-kasus trauma dimana para personil medis atau penyelamatan percaya bahwa ada kemungkinan cedera pada tulang leher, biasanya karena mekanisme cedera, dan tim yang hadir tidak dapat menyingkirkan cedera tulang leher. Karena masalah yang terkait dengan penggunaan yang berkepanjangan.

          2.6.2  Teropong :

Adalah sebuah alat yang digunakan penjaga pantai untuk memantau para parawisatawan yang sedang menikmati fasilitas wisata pantai dan area sekitar pantai agar apabila terjadi sesuatu kecelakaan, penjaga pantai dengan sigap memberikan pertolongan.

              2.6.3  Salvage rescue (jaket dengan sabuk)  :

Adalah sebuah pakaian yang  digunakan untuk menyelam yang dikenakan oleh penjaga pantai yang berfungsi untuk menyelamatkan korban pada kecelakaan seperti kapal tenggelam atau dapat juga pakaian ini digunakan oleh para peneliti bawah laut.

1.6.4        Portable konten farmasi lifeguard

1.6.4.1        Kortikosteroid injeksi :

Yang berfungsi untuk memberikan penyelamatan bagi korban yang mengalami gangguan pernafasan seperti asma.

        2.6.4.2  Jarum suntik 5cc :

Berfungsi sebagai alat yang dapat membantu pekerja medis untuk memasukan obat kedalam bagian tubuh korban yang terluka seperti untuk kekebalan tubuh agar dapat memberikan rasa tidak sakit pada pasien akibat kecelakaan yang terjadi.

                     2.6.4.3 Resusistasi manual perangkat AMPU :

Adalah sebuah alat yang digunakan untuk korban yang mengalami gangguan pernafasan dan alat ini dapat memudahkan tenaga medis, sar, penjaga pantai karena alat ini dapat dengan mudah dibawa.

         2.6.4.4 Perban elastis :

Perban yang berfungsi sebagai alat yang dapat menutupi luka agar tidak terkena bakateri-bakteri yang dapat memperburuk keadaan luka pasien dan dapat juga memberikan pertolongan pada korban yang mengalami patah tulang lengan  sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

1.6.4.5  Mercurochrom 500 cc :

Mercurochrom atau obat merah diguna- kan sebagai antiseptik umum yang digunakan oleh pekerja medis untuk memberikan pertolongan pertama pada korban yang terluka.

2.6.4.6 Alkohol 50 cc :

Merupakan obat yang biasa digunakan para medis untuk membantu membersihkan luka pada pasiennya agar luka tersebut menjadi steril dari bakteri  atau kotoran yang menepel pada luka.

2.6.4.7 Plester :

Merupakan alat yang dapat membantu korban yang mengalami luka ringan seperti tergores benda tajam dll dengan cara menepelkan plester ini pada luka pasien, selain itu plester ini juga dapat menjauhkan luka dari bakteri-bakteri yang ada.

1.6.4.8  Gunting :

Alat ini biasa digunakan oleh tenaga medis dan masyarakat. Tenaga medis biasanya digunakan agar  mempermudah penangan pada korban seperti untuk memotong perban agar dapat digunakan secukupnya dll. sementara bagi masy- arakat digunakan untuk  mempermudah pekerjaan seperti tukang jahit dll.

1.6.4.9  Oksigen dan tas medis :

Adalah sebuah perangkat yang digunakan oleh para tenaga medis dirumah sakit maupun diluar rumah sakit seperti dimobil ambulan, tim sar, maupun penjaga pantai untuk membantu korban yang mengalami gangguan pernafasan dengan memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh sementara tas medis berfungsi sebagai tempat yang dapat membawa peralata-peralatan  medis lainnya agar mempermudah para pekerja medis yang bertugas.

1.6.4.10    Pocket mask :

Adalah sebuah peralatan yang digunakan oleh penjaga pantai yang berfungsi sebagai alat yang dapat memberikan nafas buatan untuk korban yang mengalami gangguan pernafasan seperti tenggelam saat berenang dll.

1.6.4.11    Head lamp :

Adalah sebuah peralatan yang digunakan oleh penjaga pantai yang dikenakan  pada area-area yang tidak bercahaya seperti pada penyelaman dasar laut yang tidak terjangkau oleh sinar matahari dll, dan alat ini dikenakan/ dipasangkan pada bagian kepala sehingga memudahkan untuk tetap bekerja dengan menggunakan kedua tangan.

2.6.4.12 Tandu lipat :

Adalah sebuah alat yang biasa digunakan didunia medis yang berfungsi untuk korban yang cidera sedang, sampai cidera berat agar dapat dibawa ketempat yang lebih aman seperti membawa korban kemobil ambulan dan kemudian membawa kerumah sakit agar dapat ditangani secara intensif.

1.6.4.13 Tali panjang 30m :

Yang berfungsi sebagai pembatas area yang berbahaya dan tidak berbahaya dipantai agar dapat memberikan informasi kepada pengunjung yang sedang berenang, jadi dapat mengurangi tingkat kecelakaan, dan tali ini pun dapat mengambang diatas air sehingga para wisatawan yang sedang berenang dapat memilih tempat yang lebih aman untuk berenang.

1.6.4.14 Pakaian penjaga pantai  pria, wanita  dan kaos penjaga pantai :

Pakaian ini biasa digunakan para penjaga pantai yang bertugas dengan baju bertuliskan penjaga pantai agar dapat membedakan baju renang biasa dengan baju renang penjaga pantai dan dapat mencirikan penjaga pantai yang bertugas, dan biasanya baju penjaga pantai berwarna merah.

1.6.4.15 isau penjaga pantai :

adalah sebuah alat yang digunakan penjaga pantai untuk keadaan yang darurat seperti pada saat menyelam maupun pada saat didarat agar memudahkan penyelamatan korban.

2.6.4.16 Bendera penjaga pantai :

Yang berfungsi sebagai informasi tentang keadaan sekitar area wisata dengan memberikan tanda bendera yang masih-masing warna memberikan peringatan tertentu :

  • Merah dengan gambar orang berenang :

memandakan dilarang keras untuk berenang

  • Merah   :

menandakan bahwa laut sedang dalam keadaan bahaya yang besar, agar berhati- hati untuk melakukan aktifitas renang.

  • Kuning :

menandakan bahwa ombak laut dalam keadaan yang sedang, tidak terlalu membahayakan

  • Hijau    :

menandakan bahwa keadaan yang cukup baik untuk melakukan aktifitas wisata.

  • Ungu  :

menandakan untuk tidak melakukan aktifitas apapun sebab membahayakan kehidupan secara langsung.

1.6.4.17 Pengeras suara :

Berfungsi untuk mengeraskan suara penjaga pantai agar dapat terdengar dengan jelas oleh para wisatawan yang berlibur dan dapat juga menyampaikan informasi-informasi tentang keadaan area sekitar wisata.

1.6.4.18 Kacamata dengan lensa penyerap sinar matahari :

 

Kacamata ini berfungsi sebagai penyerap sinar matahari dipantai sehingga menimbulkan kenyamanan bagi para penjaga pantai pada saat bertugas disiang hari sehingga dapat lebih waspada dan lebih sigap apa bila melihat kecelakaan yang terjadi.

1.6.4.19 Jaket :

Sebuah jaket yang dapat membantu penjaga pantai pada saat bertugas terutama pada saat bertugas saat cuaca dingin yang disebabkan oleh turunnya hujan atau pada saat malam hari selain itu jaket ini mencirikan seorang penjaga pantai.

1.6.4.20 Gantungan kunci :

 

Gantungan kunci hanya mencirikan pemiliknya yaitu penjaga pantai tanpa fungsi yang dapat membantu dalam hal penyelamatan korban, hanya apabila kunci posko / stan penjaga pantai ini hilang dapat dengan mudah ditemukan.

1.6.4.21 Papan surving :

 

Fungsi dan cara pengoperasiannya tidak berbeda dengan papan surving lainnya hanya perbedaanya digunakan untuk para penjaga pantai pada saat latihan atau pemanasan saja pada saat bertugas, sehingga penjaga pantai pun memiliki keahlian untuk bersurving agar apabila pada keadaan darurat setiap penjaga pantai dapat menggunakan peralatan yang ada untuk menolong korbannya.

1.6.4.22 VHF  :

Adalah sebuah alat navigasi yang dapat membantu penjaga pantai untuk melihat kondisi air, keadaan dasar laut , suhu air, jalur badai, dan pelacak keberadaan ikan yang memanfaatkan teknologi satelit maka alat ini sangat berguna bagi penjaga pantai untuk dapat mengetahui keadaan laut.

1.6.4.23 Pelampung :

Yang berfungsi sebagai alat yang digunakan dipantai untuk mengampungkan diri diatas air, sehingga alat ini memudahkan penjaga pantai pada saat menolong korban yang tenggelam dan memudahkan penjaga pantai membawa korbannya ketempat yang lebih aman.

1.6.4.24  Alat komunikasi  (HT)

Sebuah alat yang digunakan untuk berkomunikasi sesama penjaga pantai untuk memberitahukan keadaan yang sedang terjadi pada saat berpatroli atau memberitahukan kecelakaan yang terjadi

Dari peralataan-peralatan yang terdapat diatas dapat memudahkan para penjaga pantai dalam memberikan pertolongan kepada korban-korban yang mengalami kecelakaan diarea pantai.

data gambar :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: