dpiniko476

Just another WordPress.com site

sejarah dan jenis kendaraan ampibi

2.7 Sejarah dan Jenis kendaraan amfibi

            Kendaraan amfibi diduga muncul pada pertengahan tahun 1800, ketika itu orang amerika yang bernama Oliver Evans menciptakan sebuah alat bertenaga uap yang berhasil dioperasikan lebih dari satu mil dijalan-jalan philadelphia dan berlayar disungai delaware. Kendaraan itu disebut Orukter Amphibolus dan menjadi amfibi pertama dari mesin uap yang pernah dibuat, namun kendaraan itu digunakan sebagai pembersih dermaga oleh orang-orang pada jaman tersebut. Dan pada pertengahan tahun 1910 William Mazzei  menggunakan mesin Hydromotor atau hydrometer yang didorong oleh sebuah mesin continental yang dapat menempuh jarak mencapai 60 mph didarat dan 25 mph diatas air dan gagasan William Mazzei diteruskan oleh George Monnot yang akhirnya dapat menciptakan Hydrocar yang mengkombinasikan antara perahu, mobil, dan truk dan hal ini terjadi pada saat menjelang perang dunia pertama dan akhirnya kemajuan yang terjadi saat itu terhenti karena kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan tempur para militer. Adapun jenis-jenis kendaraan amfibi :

2.7.1        Schwimmwagen

Adalah kendaraan amfibi permata yang diproduksi secara masal oleh ferdinand porsche, dan selama perang berlangsung porsche menciptakan kubelwagen yang beralasan mobilitas dan kerasnya perang yang dirubah dan dibuat mampu mengarungi air dan pada akhirnya kubelwagen diubah porsche menjadi schwimmwagen.

2.7.2        Amphicar

Adalah kendaraan amfibi yang memiliki dua pintu convertible empat kursi penumpang yang dilengkapi dengan kain lipat diatas dan memiliki kecepatan sampai 7 knot diatas air dan 70 mph (110 km/ jam) didarat, yang memiliki mesin empat silinder 1.21 overhead-camshaft yang bersumber dari triumph. Dan mesin ditempatkan pada bagian belakang mobil dan dengan mudah dua baling-baling nilon dipasang dibawah mobil, tenaga yang dihasilkan adalah 43hp pada 4.750 rpm.

2.7.3        Aquada

Adalah kendaraan amfibi yang sudah melalui riset selama tujuh tahun dan tidak seperti amphicar, aquada menggunakan sistem jet yang menghasilkan kecepatan sekitar 175 hp menggunakan sistem V6 yang dipasangkan dengan lima kecepatan transmisi otomatis dengan terbalik, serta power steering sangat membantu handle didua alam.

2.7.4        Humdinga

Adalah sebuah jenis kendaraan amfibi terbuka SUV yang dirancang dan diproduksi oleh gibbs teknologi yang diciptakan khusus untuk mengakses  daerah terpencil yang melewati daratan atau perairan dan pada saat beroperasi didaratan humdinga dapat menempuh 100mil /jam (160km/h) dan diatas air humdinga  dapat beroperasi menggunkan jet sistem propulsi kapal dengan kecepatan 40 mil/ jam (64 km/h) dan humdinga memiliki berat sekitar 200 kg yang memiliki dua roda suspensi udara independen yang menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki panjang 5.400 mm, tinggi 1.850 mm, dan lebar 200 mm, dan sementara humdinga dapat membawa penumpang sebanyak lima orang serta memiliki bagasi yang mampu untuk membawa barang, dalam pembuatannya humdinga ini membutuhkan waktu delapan tahun dan lebih dari sepuluh juta jam manusia untuk mengembangkan teknologinya.

2.7.5        Therinspeed Splash

Adalah sebuah kendaraan amfibi yang mampu mengakses tiga alam yaitu daratan, perairan, dan udara dimana therinspeed ini terinspirasi oleh sebuah mainan olah raga yang diciptakan oleh M.rinderknecht yang memiliki sensor canggih dalam penggunaanya dan dalam beroperasi diair dapat mencapai kecepatan tertinggi 80 km per jam (sekitar 45 knot), diudara dapat mengapung setinggi 60 cm diatas air dan didarat mencapai kecepatan maksimum sekitar 200 km/jam. Dan kendaraan ini pun tergolong kedalam kendaraan yang ramah lingkungan sebab kendaraan ini menggunakan bahan bakar yang mengandung hampir seluruhnya metana dan hampir mendekati nol kandungan sulfur dan dapat dikatakan kendaraan amfibi ini kendaraan pertama  yang akan dilengkapi dengan teknologi mesin berorientasi masa depan .

2.7.6        Squba

Adalah jenis kendaraan amfibi yang mampu beroperasi didua alam yaitu daratan dan perairan dan  mampu  beroperasi  dibawah air (tenggelam) sedalam 10m. Kendaraan ini terinspirasi oleh film james bond yaitu “the spy who loved me” pada tahun 1977 dan pada saat itu adegan demi adegan yang menggunakan kendaraan ini hanya animasi belaka akan tetapi setelah tiga puluh (30) tahun setelah film itu dibuat faktanya kendaraan ini benar-benar nyata dan diciptakan oleh Frank M. Rinderknecht. Pada bagian mesin diubah semua menjadi motor bertenaga listrik, dan digerakan oleh dua jet drive berada didepan kendaraan yang bernafas melalui kisi-kisi berputar khusus dari HS genion (untuk membuka dan menutup intake air), jet putar outlet dirancang menjadi sangat ringan namun twist tahan dengan menggunakan teknologi nano bahan tinggi sehingga disebut nano tubes. Dan pada saat didalam air kendaraan ini mampu memberikan udara bagi pengemudi sehingga pengemudi dapat menghirup udara dengan mudah sebab kendaraan ini dilengkapi dengan tangki terpadu kompresi, sebagai keamanan mobil ini sengaja dibuat dengan atap yang dapat dibuka sehingga apabila terjadi sesuatu atau dalam keadaan darurat dapat dengan mudah pengemudi  keluar dari kendaraan tersebut. Dan kendaraan ini pun termasuk dalam kendaraan yang ramah terhadap lingkungan sebab kendaraan ini nol emisi atau tidak menghasilkan emisi gas buang.

2.7.7        Python

adalah generasi terbaru kendaraan amfibi, yang dibuat oleh Dave March yang diproduksi oleh perusahaan otomotif california watercar yang mempunyai kecepatan sekitar 96 km/jam diair lebih kencang dari speedboat dan cara pengoperasiannya sebelum melaju diatas air pengemudi python ini harus menetralkan gigi perseneling dan kemudian mengaktifkan kemudi jet air dan memasukan roda dan jika ingin mengoperasikan tinggal melaksanakan langkah sebaliknya. Mesin seberat 1.7 kilogram itu mampu menghasilkan energi sebesar 640 Hp (horse power) dan sementara mesin yang untuk beroperasi diatas air diproduksi oleh Dominator jet dan tenaga yang dihasilkan sekitar 500 Hp, kendaraan ini pun dilengkapi mesin jet yang membuatnya mampu menerjang ombak.

2.7.8        Kendaraan Amfibi PMI

Adalah sebuah kendaraan amfibi yang digunakan oleh palang merah Indonesia (PMI) untuk memper- mudah memberikan pertolongan bagi korban-korban yang mengalami musibah atau bencana alam seperti digunakan pada bencana merapi yang belum lama terjadi akhir-akhir ini. Dan kendaraan ini dapat melewati medan yang sulit untuk dilewati oleh kendaraan biasa sebab kendaraan ini tidak menggunakan ban untuk berjalan akan tetapi sama dengan kendaraan khusus perang seperti tank yang menggunakan rantai baja untuk berjalan, oleh sebab itu kendaraan ini mampu melewati daratan yang terjal dan perairan / sungai.

2.7.9        Squadski

adalah sebuah kendaraan yang menggabungkan anatara jetski dan atv dimana kendaraan ini digunakan untuk parawiasata alam yang memiliki area daratan dan perairan dan squadski ini dibuat oleh gibbstech.

data gambar :

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: